INILAH STRATEGI GERAKAN KU



ORETAN KU : INILAH STRATEGI GERAKAN KU

Suatu ktika aku mampir diwarung, ada 3 bapak2 sedang ngobrol tentang capres, aku cuma mendengar aja, sruput kopi, kepulin asap rokok kesukaan ku RELAX, setelah obrolan mereka terdiam sejenak, baru aku ajak ngobrol bapak disamping ku,
aku : pilih siapa pak ? dia jwb No. 1,
aku : apa alasanx pak ? dia jwb krn dia tentara dan tegas
aku manggut2, ku diam kan sejenak, kmudian dia tanya balik
bpk : dukung sapa bang ? aku jwb jokowi pak
bpk : alasan abang apa  ? aku jwb "klo saya berikan alasan, kuatir klo bapak berubah pilihan, lebih baik nda usah aja, saran saya pak tetapkan pilihan bapak sesuai nurani,,
bapak2 yang lain pun mendengar, lantas gua bayar kopi dan snack dan berlalu menuju markas

kenapa aku tidak mempengaruhi mereka untuk memilih jokowi, mungkin kalo hal ini aku cerita saat itu kepada kwn2 di GIR Jok, kemungkinan aku bakal diprotes, pdhl ada ksempatan untuk merekrut mereka gabung ke GIR Jokowi

ya relawan macam apa aku ini ?

seandainya aku relawan yang dibayar mungkin itu kesempatan yang bagus untuk promosi, seandainya aku bagian dari timses seknas Jokowi JK kalsel, terus diberikan fasilitas memadai dan modal untuk bergerak, mungkin gerakan aku bakal lincah ke kantong2 masyarakat mengagitasi dan bebas berpropaganda, karena ada target menaikkan elektabilitas Jokowi,, mengajak yang lagi galau trhadap pilihannya, yang bingung memilih capres mana yang baik, ato yang sedang golput ato mengubah pilihan seseorang, dan itu bisa saja aku lakukan.

ini akan berbeda dengan cerita yang lain, saat gua ke kios untuk beli rokok, ada 2 tukang yang sedang baikin rumah, gua tanya mereka..
aku : mas, bedua ini pilih capres yang mana ?
mereka : jokowi mas
aku : bagus, itu pilihan yang hebat, saya juga pilih jokowi
mereka : tim sukses ya mas ?
aku ; bukan mas, cuma iku2tan komunitas pecinta jokowi
lantas aku duduk bersama mereka, aku ajak mereka ngobrol, aku kupas tentang sosok jokowi, sosok JK, aku kasih informasi yang ringan sekedar memancing mereka untuk bertanya2, dan akhirnya obrolan semakin lama, bahasa rakyat kecil aku pake untuk memudahkan mereka memahami

STRATEGI APA YANG GUA MAINKAN ?
Pertama ; menyakinkan pilihan mereka adalah tepat dan benar karena sesuai hati nurani,
kedua ; memberikan mereka informasi2 yang mereka belum dengar atau membaca dari media sekaligus prediksi2 yang sederhana tentang arah indonesia ketika di pimpin Jokowi JK nanti,
ketiga ; memperkuat pilihannya untuk tidak terpengaruh oleh relawan kubu sebelah, agar tidak merubah pilihannya, agar mereka tidak terpengaruh berita2 sesat, info boong/palsu, ato fitnah, bahkan aku sering menanamkan “virus” berupa filo/pandangan seperti ini “jika nanti sampyan ketemu orang yang suka menjelek2kan atau mengajak MEMBENCI sosok jokowi/JK, maka bapak telah berhadapan dengan SETAN yang NYATA, hindari mereka pak, jangan dengarkan ocehan mereka, karena saya yakin bapak2 tahu tentang orang2 yang bersifat buruk”
dan yang keempat adalah sesuatu yang paling aku suka yakni bagaimana membuat mereka menjadi agen dengan sendirinya. Ya, secara tidak langsung tanpa mereka sadari, aku menciptakan agen-agen istilahnya itu propagandis, ini yang mempermudah sebuah gerakan,, sesama rakyat yang berbicara dengan logika sederhananya yang sesuai dengan jenjang pendidikan atau kapasitasnya dalam berpikir itu jauh labih merasuk.

Terkadang kita harus menyadari saat kita masuk ke kelompok masyarakat, biasanya kita akan menemukan suatu “kecurigaan” mereka terhadap kita, apalagi rakyat sekarang terutama di kalsel sebagian sudah terlatih dengan money politik, mereka akan berpikir kita melakukan kerja politik ini dianggap sudah dikontrak/dibayar oleh tim sukses, hingga stigma dalam otak mereka, “kita adalah uang”, mereka akan terpengaruh klo ada kompensasi, ini yang menjadi dilematis kita dilapangan, terlepas benar ato tidak, gua sendiri mengalami saat menjadi Caleg Banjarmasin, walaupun untuk Pilpres ini memang agak berbeda dengan suasana pemilu, tapi perbedaan itu hanya sedikit,, karena Jowoki adalah magnet yang luar biasa, dan produk yang kita promote adalah jokowi itu sendiri.
Maka daripada itu kawan2 yang tergabung dalam GIR Jok kalsel ini harus bisa menciptakan agen2 yang berasal dari akar rumput, itu yang mempermudah gerakan massif itu timbul, tidak perlu kita merekrut mereka untuk gabung ke GIR Jok Kalsel, yang terpenting “virus2” pencerahan tersebar dengan baik. Fungsi kita adalah memperkuat dukungan dan pilihan rakyat kepada Jokowi.
Aku yakin bahwa 2 tukang yang dimaksud diatas menjadi agen minimal dilingkungan keluarga dan kerabatnya, tetangganya, kawan2 seprofesinya bahkan di lingkungan RT atau cakupannya lebih luas dari itu.

aku adalah aku, mungkin aku berbeda dengan relawan yang lain, aku mendirikan dan bergabung di komunitas GIR Jokowi kalsel untuk menyatukan jokowi lovers baik di dunia riel maupun di dunia maya dengan berbagai latar belakang, mewadahi mereka untuk saling berkomunikasi. Di  dunia riel sendiri diperkuat aktivis2 pergerakan yang sudah terlatih dari 4 LSM, mereka bergerak dengan gaya dan strategi masing-masing, tanpa adanya perintah, bergerak karena keinginan mereka sendiri, sekalipun diam saja itu tidak menjadi masalah, yang terpenting tidak merubah ketetapan pilihan hati nurani terhadap jokowi sampai 9 Juli 2014 nanti...

aku adalah aku, dan aku adalah kebebasan
hanya ingin ambil bagian demi perubahan

Ditulis Oleh : Unknown ~ DosoGames

Een Pahlefi Anda sedang membaca artikel berjudul INILAH STRATEGI GERAKAN KU yang ditulis oleh GIR-J Kalsel yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di GIR-J Kalsel

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top